Jumat, 25 September 2015

One Piece : Profil Emporio Ivankov


  • Nama Asli : Emporio Ivankov
  • Penampilan Awal : Chapter 537; Episode 438
  • Julukan : "Ratu Okama" (オカマ王 Okama Ō?); "Pembawa Mukjizat" (奇跡の人 Kiseki no Hito?)
  • Afiliasi : Kerajaan Kamabakka; Pasukan Revolusioner; Level 5,5 Impel Down: Tanah Okama (mantan)
  • Status : Ratu Kamabakka; Komandan Revolusioner
  • Lahir : 8 Januari
BUAH IBLIS
  • Nama : Horu Horu no Mi
  • Pengertian : Hormon
  • Tipe : Paramecia


   Emporio Ivankov adalah seorang ratu Okama ( seharusnya raja dari Okama, tapi ahh sudahlah . . ) dari Kamabakka Kingdom sekaligus seorang komandan Pasukan Revolusioner. Karakternya muncul dalam cerita saat dipenjara di Level 5,5 Impel Down dalam Cerita Impel Down. Ia memutuskan membantu Monkey D. Luffy dalam perang di Marineford dan kembali menjadi Ratu Okama di Kerajaan Kamabakka setelah perang berakhir. Ia memiliki kekuatan Buah Iblis "Horu Horu no Mi" yang memberinya kemampuan menghasilkan hormon yang dapat mempengaruhi sistem kerja tubuh seseorang, baik dirinya maupun orang lain jika disuntikkan ke dalam tubuh.

   Selama dua tahun, Ivankov menantang Sanji mengalahkan 99 master Newkama Kenponya untuk mendapatkan resep rahasia "Resep Serangan".

Penampilan

   Ivankov adalah orang yang lumayan besar dan mudah dikenali, terutama dari kepalanya yang besar dengan rambut afro ungu tebal dan gaya berpakaian khasnya sebagai seorang okama. Saking tebalnya, rambut Ivankov dapat menyimpan beberapa orang dengan leluasa. Ia memiliki bentuk wajah persegi, dengan dagu yang unik berbentuk lancip menyerupai panah. Ia memiliki tato lambangnya tepat di depan dada.

   Ia mengenakan gaun dalam wanita merah keunguan dengan riasan make up yang tebal seperti lipstik ungu dan bulu mata yang tebal, serta sepasang sarung tangan dan sepatu boot panjang dengan stoking jaring-jaring hingga paha. Ia juga memakai sebuah mahkota sebagai lambang keratuan. Secara umum, gaya berpakaiannya menggambarkan statusnya sebagai okama.

   Dengan kekuatan hormonnya, Ivankov dapat berubah menjadi lebih besar dengan perawakan tubuh laki-laki. Bentuk ini lebih sering terlihat, baik saat berbicara maupun saat berkelahi. Sementara itu, dalam kilas balik saat menyelamatkan orang-orang terminal Grey, ia memakai jubah panjang dengan penutup kepala khas Pasukan Revolusioner.

Kemampuan

   Emporio Ivankov ditampilkan sebagai salah satu karakter terkuat yang muncul selama cerita One Piece. Ia dianggap sebagai okama terhebat dan menjadi idola bagi okama-okama lainnya diseluruh dunia, serta menjabat status ratu di kerajaan Kamabakka, sebuah pulau waria yang memiliki banyak petarung-petarung tangguh. Ia juga menjadi salah satu komandan revolusi pimpinan Monkey D. Dragon yang memberontak melawan Pemerintah Dunia. Ia bahkan menjadi mentor bagi Sanji dan melatihnya menjadi lebih kuat selama dua tahun timeskip.

   Sebagai ratu okama, Ivankov sepenuhnya memerintah kerajaan Kamabakka dan menjadi master Newkama Kenpo. Selama ditahan di Impel Down, ia mendirikan kerajaan barunya yang disebut New Kama Land di level 5,5 dan merekrut sejumlah pasukan kecil yang terdiri dari para tahanan. Setelah melarikan diri dari penjara, ia kembali ke kerajaan Kamabakka bersama para pengikutnya dan menyatukan mereka dengan pengikut lamanya sekaligus kembali menjadi ratu yang memerintah mereka.

  • Newkama Kenpo
   Skill bertarung Ivankov sangat hebat. Ia menguasai dan menjadi master seni bela diri Newkama Kenpo. Ia mampu mengalahkan beberapa karakter kuat seperti Sadi-chan dan Sanji dengan relatif mudah. Ia juga mampu mengimbangi serangan salah satu Shichibukai Bartholomew Kuma saat perang di Marineford. Ketahanan fisiknya sangat mumpuni. Ia tampak tidak terpengaruh dengan suhu ekstrim di Impel Down. Salah satu serangan tunggalnya, "Hell Wink", mampu meluluhlantahkan sekelompok musuh dengan cukup mengedipkan mata. Ivankov memiliki make-up yang tebal, yang mampu melindunginya dari serangan powerfull Magellan maupun Admiral Akainu.

  • Buah Iblis

   Emporio Ivankov memakan Buah Iblis tipe paramecia "Horu Horu no Mi", yang memberinya kemampuan untuk menghasilkan hormon yang mampu mengontrol sistem tubuh manusia. Kekuatan ini membuatnya dikenal sebagai "Pembuat Keajaiban".

   Kemampuan buah iblisnya mampu merombak sistem kerja tubuh seseorang, seperti merubah jenis kelamin dan memacu vitalitas hidup layaknya doping. Hal ini juga memungkinkan ia untuk meningkatkan peluang hidup seseorang yang sedang sekarat, meski memiliki resiko dapat memperpendek umur mereka selama sepuluh tahun sebagai gantinya. Kemampuan ini juga memungkinkan dirinya berganti-ganti kelamin sesuka hati, merubah ukuran tubuhnya maupun menyembuhkan dirinya sendiri tanpa efek samping.

Sejarah

Masa Lalu

   Sejak dahulu kala, Emporio Ivankov adalah seorang ratu okama yang memimpin Kerajaan Kamabakka. Kemudian disebutkan jika Ivankov pernah bertemu Crocodile, namun waktu dan peristiwa tepatnya tidak begitu diketahui.

   Ia kemudian diketahui menjadi salah seorang komandan Revolusioner dan berteman dekat dengan Monkey D. Dragon. Sepuluh tahun sebelum cerita dimulai, Ivankov bersama pasukan Revolusioner lainnya, termasuk Dragon, Inazuma dan Bartholomew Kuma mengunjungi Kerajaan Goa dan turut menyelamatkan korban kebakaran di Terminal Grey.

Perang Whitebeard Saga

  • Menjadi Ratu Newkama Land: Level 5,5 Impel Down

   Ivankov muncul pertama kali dalam cerita saat ditahan di Impel Down. Latar belakang penahanannya disebabkan karena keterlibatanya dengan Dragon dalam Pasukan Revolusioner. Ia ditahan bersama komandan Revolusioner lainnya, Inazuma.

   Ia kemudian diberitakan menghilang secara misterius dari selnya dan disangka telah mati. Sejak saat itu, terdengar rumor penampakan seseorang yang sering berkeliaran di sekitar hutan dekat kantor penjagaan yang telah ditinggalkan. Ternyata, ia bersama Inazuma secara rahasia membangun kerajaannya sendiri yang diberi nama "Newkama Land: Level 5,5", yang terletak diantara penjara Level 5 dan Level 6 di dalam Impel Down.

   Ivankov lalu membantu menyembuhkan Luffy dan Mr. 2 Bon Kurei, setelah ditemukan Inazuma. Saat ia berjalan keluar, Bellet datang mencari untuk membalaskan dendam ayahnya yang berubah menjadi okama, setelah mengunjungi Kerajaan Kamabakka 15 tahun yang lalu. Walaupun takut, Bellet menembakkan sebuah meriam namun Ivankov mengedipkan mata membuat bola meriam berbalik arah, lalu mengubahnya menjadi seorang wanita. Ia kemudian memberitahu Mr. 2 Bon Kurei bahwa Luffy sedang dalam proses penyembuhan dari racun yang akan memakan waktu sekitar 48 jam.

   Setelah menyuntikkan hormon kepada Luffy, ia lalu menjelaskan asal muasal Level 5,5 kepada Bon Kurei. Ia lalu menyuruh Bon Kurei agar beristirahat, namun menolak karena lebih suka bersorak di sisi Luffy, menyemangatinya agar cepat sembuh. Setelah melihat ketulusan Bon Kurei, Ivankov dan para Newkama malah ikut bersorak bersamanya. Ia terkejut saat melihat kesembuhan Luffy yang hanya memakan waktu 20 jam bukan 48 jam seperti prediksinya.

   Saat Luffy mengungkapkan Dragon sebagai ayahnya, Ivankov benar-benar terkejut mendengarnya dan memutuskan untuk ikut membantunya membebaskan Ace. Ia sebetulnya salah duga menyangka Ace sebagai anak Dragon juga. Ia kemudian memberitahu Luffy agar berhati-hati mengungkapkan orang tuanya kepada pihak asing. Setelah itu, Ivankov meninggalkan Newkama Land bersama Luffy dan Inazuma menuju penjara Level 6 Impel Down.

   Sesampainya di Level 6, mereka mendapati bahwa Ace baru saja dipindahkan ke Marineford setelah diberitahu Jinbe. Mereka berusaha mengejarnya, namun baik lift maupun tangga keluar telah diblokir dengan tiba-tiba oleh Hannyabal. Melihat tak ada jalan keluar, Ivankov menyarankan agar Luffy menghentikan usahanya karena ia telah berusaha keras namun kurang beruntung karena datang terlambat, sambil menaruh harapan kepada upaya Shirohige dan krunya. Namun Luffy menjadi marah menyatakan ia akan melakukan apapun untuk menyelamatkan Ace; termasuk pergi ke Marineford atau jika tidak ia akan menyesal seumur hidup. Ivankov memberitahu bahwa banyak lawan-lawan kuat yang akan ditemui, mencoba memperingatkan betapa berbahaya situasi diluar sana, namun terhenti karena ia tiba-tiba melihat sosok Dragon pada Luffy.

   Crocodile tiba-tiba menyela kalau ia bisa membantu membuat jalan keluar asal dibebaskan. Ivankov mengangguk setuju namun Luffy merasa enggan mengingat perbuatannya dahulu. Ivankov lalu menjamin jika ia mengetahui suatu rahasia pada diri Crocodile dan dapat mengontrolnya. Disaat yang bersamaan, Jinbe juga memohon minta dilepaskan karena ingin ikut membantu. Luffy setuju, lalu Ivankov dan Inazuma melepas mereka berdua. Saat para tahanan lain membuat kegaduhan ingin ikut dilepaskan, Ivankov membungkam mereka dengan mengedipkan "Hell Wink". Mereka berlima lalu meninggalkan tempat itu.

   Di Level 5, Ivankov mengintruksikan agar semua okama yang setia kepadanya untuk ikut bergabung dalam pertempuran dan membebaskan banyak tahanan dalam usahanya. Ia lalu menyuntikan "Hormon Perangsang" (Tension Hormon) kepada Mr. 2 agar dapat berjuang bersama mereka. Setelah Crocodile menggunakan kekuatannya untuk menghancurkan pintu, mereka berhasil sampai di Level 4. Disana, ia menggunakan "Hormon Pertumbuhan Wajah", lalu mengeluarkan "Hell Wink" untuk mengalahkan para Bluegori. Saat mendekati Level 3, ia berubah dalam bentuk wanita dan berkelahi dengan Sadi-chan. Ia mengalahkannya dengan mudah lalu mengikatnya menggunakan cambuk miliknya sendiri.

   Saat mengetahui kedatangan Warden Magellan, ia dan Inazuma memutuskan untuk melawannya, memberi tambahan waktu bagi Luffy dan yang lain melarikan diri. Namun mereka dikalahkan dan menjadi sekarat akibat racun Magellan. Setelah menyembuhkan dirinya sendiri dengan menggunakan kemampuan hormonnya, ia bangkit lalu mengambil Inazuma yang tak sadarkan diri. Setelah berubah bentuk, terutama kepalanya yang menjadi super besar, ia mengeluarkan "Hell Wink" lalu meluncur ke atas mencapai pintu keluar. Berkat rambut afronya yang dapat menampung seluruh pelarian dan teknik "Hell Wink" yang meluncurkan mereka menghindari serangan Magellan, mereka akhirnya berhasil mencapai kumpulan ikan hiu paus yang diperintahkan Jinbe untuk membawa mereka ke kapal.

Perang di Marineford

   Begitu mencapai kapal, Ivankov mengatakan pada beberapa newkama untuk segera mengambilkan obat-obatan bagi Inazuma. Ivankov mengungkapkan bahwa berhubung vitalnya posisi Inazuma sebagai komandan revolusi, ia tak ingin mengobatinya dengan hormon penyembuhan karena dapat memperpendek usia penggunanya selama sepuluh tahun.

   Setelah melewati gerbang kehakiman, Jinbe mengungkapkan rahasia tentang aksi Mr. 2 Bon Kurei yang mengorbankan dirinya agar mereka semua dapat keluar dari penjara dengan selamat. Luffy, Ivankov dan seluruh para Newkama sangat terkejut dan sedih mendengarnya. Berkat pengorbanan Bon Kurei, mereka lalu melanjutkan perjalanan menuju Marineford melalui arus taran. Di perjalanan, Luffy mengungkapkan realitas jati diri Ace sebagai anak kandung raja bajak laut Gol D. Roger membuat semua penumpang berteriak histeris. Setelah kapal mereka terombang-ambing akibat tsunami buatan Shirohige dan kekuatan es milik Aokiji, mereka akhirnya tiba di Marineford setelah Ivankov melakukan "Hell Wink".

Bergabung Dalam Perang

   Di marineford, kapal mereka jatuh tepat ke dalam lubang buatan Jozu ditengah lautan yang membeku. Jinbe berhasil menyelamatkan pengguna Buah Iblis yang tidak bisa berenang lalu bersiap-siap terlibat peperangan. Menyadari lenyapnya Crocodile, Ivankov mengasumsikan kalau ia segera mengambil kesempatan menyerang Shirohige. Luffy secepat kilat menghadang Crocodile yang berkeinginan membunuh Shirohige. Ivankov dan yang lain menjadi terpana saat melihat Luffy beradu argumen dengan Shirohige. Saat Luffy turun untuk menyelamatkan Ace, Ivankov dan para Newkama segera mengikutinya untuk memberikan dukungan.

   Ivankov melakukan "Hell Wink" untuk menyelamatkan Luffy dari sinar laser Kizaru dan menyuruhnya untuk lebih berhati-hati. Sebuah laser kembali muncul dari plaza marineford. Ivankov dapat mengenalinya sebagai milik Bartholomew Kuma lalu menghindar dengan bergulir secara akrobatik. Dengan terengah-engah, Ivankov menjadi jengkel kepada Kuma meski cukup mentolerir jika itu hanya upayanya untuk mempertahankan status Shichibukai.

   Ia memarahi Kuma dan memberinya peringatan bahwa jika ia tidak berhenti menyerang, ia akan membalas jika kesabarannya sudah habis. Shichibukai lainnya, Donquixote Doflamingo tiba-tiba muncul sambil tertawa. Doflamingo menjelaskan bahwa tidak ada gunanya berbicara kepada Kuma karena ia kini telah dimodifikasi sepenuhnya menjadi Pacifista. Doflamingo mengaku tidak tahu menahu hubungan Ivankov dengan Kuma di masa lalu, menjelaskan kalau Kuma yang ada dihadapannya tidak memiliki ingatan apapun karena telah dihapus selama proses modifikasi dan bisa dianggap sudah mati. Ivankov tampak tidak percaya karena Kuma yang dikenalnya sangat membenci Pemerintah Dunia sambil mencoba memanggil nama Kuma berulang kali.

   Tiba-tiba Bartholomew Kuma meluncurkan laser ke arah para Newkama. Ivankov semakin gusar dan mengancamnya bahwa jika Kuma sudah lupa bagaimana saat ia marah, maka ia akan menunjukkannya. Setelah menyuruh Luffy untuk melanjutkan perjalanan, Ivankov dan Kuma lalu terlibat dalam pertarungan yang sengit.

   Pertarungan mereka lalu terhenti saat para Angkatan Laut tampak mundur ke dalam plaza. Jinbe berbicara kepada Ivankov, memperkirakan bahwa para marinir sedang merencanakan sesuatu yang besar sambil memperingatkannya untuk bersiap-siap saat para marinir mulai menaikkan dinding baja untuk mengurung para bajak laut di teluk. Ivankov lalu terlihat melompat menghindari serangan magma yang dilancarkan Akainu secara berulang kali.

   Setelah Luffy dan Bajak Laut Whitebeard berhasil mencapai plaza, Ivankov bersama Jinbe tiba-tiba muncul dari atas dinding pengepungan dimana Ivankov merubah wajahnya menjadi ekstra besar dengan hormon pertumbuhan wajah, yang membuat semua orang terkejut melihat penampilannya. Akibat tak mampu menahan bobot kepalanya, ia terjatuh dan menimpa beberapa kru Shirohige yang ada di bawah. Ia lalu tampak khawatir setelah melihat keadaan Luffy yang sekarat dan membujuknya untuk menghentikan pertarungan. Namun Luffy menolak dan memohon agar Ivankov bersedia menyuntikkan hormon ketegangan sekali lagi. Dengan terpaksa ia mengabulkan permintaannya. Setelah mengobati Luffy, Ivankov lalu ikut bersamanya untuk menyelamatkan Ace dari upaya eksekusi.

   Ivankov tampak terpana setelah melihat kemampuan Luffy melepaskan "Haoshoku Haki", yang mengingatkannya pada Dragon. Ia penasaran dimana Luffy mendapat kekuatan semacam itu, meski ia kemudian dapat menyimpulkan kalau Luffy sendiri tidak menyadarinya. Setelah Shirohige memerintahkan seluruh krunya untuk membantu Luffy, Ivankov mencoba mengingatkan besarnya kepercayaan Shirohige yang diberikan kepadanya, meski Luffy berkomentar jika ia tidak mengenal Shirohige sebelumnya dan dia datang hanya dengan satu tujuan untuk menyelamatkan Ace semata. Setelah mendekati platform eksekusi, Ivankov meminta bantuan Inazuma membuat jalan membantu Luffy mencapai Ace.

   Luffy berhasil menyelamatkan Ace. Beberapa orang tampak kagum, termasuk Ivankov yang menangis terharu menyatakan bahwa Luffy adalah orang yang dapat diandalkan. Namun peristiwa tragis terjadi saat laksamana Akainu berhasil memukul Ace, membuat Ivankov tampak khawatir setelah Luffy kehilangan kesadarannya. Sepeninggal Shirohige, Akainu yang bersumpah akan mendapatkan Luffy terus mengejar Jinbe sambil meminta ia menyerahkan Luffy, namun Jinbe menolak sambil menjawab kalau ia lebih baik mati daripada melakukan hal itu. Tepat sebelum Akainu menyerang Jinbe, Ivankov bersama Inazuma datang membantu. Inazuma menggunting bebatuan membentuk tembok untuk menghadang magma, sedangkan Ivankov mengeluarkan "Hell Wink" untuk menyerang sang laksamana yang menyebabkan ledakan besar. Ivankov menyatakan kalau ia tidak punya muka untuk menghadap Dragon jika sesuatu yang buruk menimpa Luffy. Ia lalu bertarung melawan Akainu namun kalah, sehingga Akainu terus bergerak mengejar Jinbe dan Luffy.

Setelah Perang

   Setelah diam-diam menyelinap ke dalam kapal perang yang dibajak Boa Hancock, Ivankov bersama para newkama berhasil melarikan diri dari perang. Di tengah lautan, mereka berhasil mengikuti dan menemukan kapal selam Bajak Laut Jantung yang membawa Luffy dan Jinbe. Ivankov meratapi penderitaan yang harus ditanggung Luffy semenjak dari Impel Down. Ia kemudian bertanya kalau-kalau Trafalgar Law adalah teman Luffy. Law menjawab kalau mereka bukan sekutu dan berbalik bertanya jika ia harus membuat alasan atas tindakannya. Ivankov menjawab tidak perlu dan percaya jika seseorang bisa saja bertindak mengikuti naluri. Setelah Hancock bermaksud merawat Luffy di Amazon Lily, Ivankov menyatakan bahwa tugasnya untuk melindungi Luffy telah selesai dan memutuskan untuk meninggalkan segala sesuatu kepada Jinbe, Boa Hancock dan Law. Ivankov menyatakan bahwa ia berharap bisa bertemu Luffy lagi. Ia dan para newkama kemudian berlayar pulang menuju kerajaan kamabakka.

   Sesampainya di kerajaan kamabakka, Ivankov bertemu dengan Sanji yang dilempar Kuma ke sana. Mengetahui jika Ivankov adalah teman Luffy, Sanji berusaha meyakinkan tentang hubungannya dengan Luffy dan kru topi jerami sambil menanyakan informasi tentang Luffy. Akan tetapi Ivankov tidak percaya karena wajah Sanji tampak berbeda dengan yang ada di poster buronan. Ivankov menolak memberitahu keadaan Luffy dan mencurigainya sebagai mata-mata pihak World Goverment atau Angkatan Laut.

   Sanji mencoba memenangkan perahu dengan menantangnya dalam pertarungan, namun gagal mengalahkan Ivankov. Ivankov kemudian sedikit melunak dengan memberitahu keadaan Luffy sambil memberikan koran yang memberitakan Luffy. Ketika Sanji mulai membaca koran, Ivankov pergi ke ruang komunikasi dengan Inazuma lalu menghubungi Monkey D. Dragon melalui Den Den Mushi. Ivankov menginformasikan artikel surat kabar yang memberitakan Luffy kepada Dragon, sambil berkomentar tentang banyaknya kemiripan sifat antara Luffy dengan ayahnya. Ivankov lalu memberitahu hal yang terjadi kepada Kuma sambil menambahkan jika Kuma bahkan mencoba membunuhnya.

   Saat Sanji sedang membaca koran yang memberitakan aksi Luffy bersama Jinbe dan Rayleigh kembali ke Marineford, Ivankov yang mengintip dari atas bahunya, penasaran melihat keseriusan Sanji dan bertanya tentang apa yang ia baca. Sementara di ruang makan, Ivankov sekali lagi bertanya tentang artikel namun Sanji tidak menjawab yang membuat ia jengkel. Setelah mencicipi hidangan, Sanji tampak takjub dengan khasiat masakan yang memberi energi berlipat ganda secara instan. Ivankov menjelaskan jika masakan tersebut dibuat berdasarkan 99 resep rahasia yang disebut "Resep Serangan" dan hanya dimiliki oleh para okama. Sanji yang tertarik berusaha meminta Ivankov memberinya resep tersebut namun ditolak. Ivankov menambahkan bahwa ia harus mempelajari Newkama Kenpo jika ingin memiliki resep tersebut. Karena Sanji dengan tegas menolak menjadi okama, Ivankov lalu memberikan Sanji tantangan untuk mendapatkan resep. Ivankov mengatakan bahwa Sanji harus mengalahkan 99 master newkama kenpo untuk mendapatkan tiap-tiap resep, sementara ia harus menghindari setiap usaha para okama yang berusaha memakaikannya pakaian okama setiap saat. Jika Sanji menang, Ivankov akan menuruti permintaannya termasuk memberinya perahu, namun jika kalah maka tak ada jaminan bahwa Sanji dapat mempertahankan kejantanannya.

Dunia Baru Saga
  • Dua tahun setelah timeskip
   Dua tahun kemudian Sanji berhasil menaklukan tantangan Ivankov. Seperti yang dijanjikan, Ivankov memberikan Sanji perahu untuk kembali ke kepulauan Sabaody. Ivankov lalu terlihat sedang membaca koran yang memberitakan tentang kembali aktifnya Bajak Laut Topi Jerami.

Perbedaan Manga dan Anime

   Di Anime, adegan Ivankov saat kembali ke kerajaannya dan bertemu Sanji di tampilkan. Sanji langsung jatuh cinta dengan bentuk perempuan Ivankov. Ia mencoba menanyakan kabar Luffy melalui gerakan asmara, namun dibentak Ivankov dan kembali berubah menjadi biasa. Hal itu menimbulkan kemarahan Sanji sekaligus menghancurkan harapannya untuk bertemu seorang wanita sejati.

   Di Anime, adegan perkelahian Sanji dengan Ivankov diperpanjang. Sanji menyerang Ivankov dengan Diable Jamble. Ivankov berpura-pura akan dikalahkan, tapi kemudian berbalik dengan mudah mengalahkan Sanji dan mengejutkan para pengikutnya. Ivankov kemudian melepas serangkaian serangan "44 -! Technic Aesthetic Fist Hair Removal", "Death Wink", "Hell Wink" dan "Galaxy Wink", meninggalkan Sanji tergeletak babak belur di tanah. Ivankov lalu memberikan koran yang berisi artikel tentang Luffy kepada Sanji.

Trivia
  • Saat di penjara di Impel Down, nomor tahanan Emporio Ivankov adalah 6582 dan disangka telah mati.
  • Karakter dan nama Emporio Ivankov terinspirasi dari Norio Imamura, seorang okama asli di kehidupan nyata, sekaligus seorang pengisi suara dari rombongan Mayumi Tanaka yang pernah dilihat Oda. Sehubungan dengan karakteristik kepala besar Ivankov dan nama, Oda mengungkapkan bahwa saat ia bertemu Imamura, ia mencatat kalau Imamura memiliki kepala seperti batu (Iwa) dan mengira nama Imamura adalah Iwamura. Saat Imamura mendengar bahwa ada karakter yang dibuat berdasarkan dirinya, ia langsung mengikuti audisi untuk peran suara Ivankov di anime dan diterima. Pada Juli 2010, Imamura ditangkap polisi karena posting gambar tidak senonoh dirinya di internet. Karena itu, ia lalu mengundurkan diri dari perannya sebagai pengisi suara Ivankov dan digantikan oleh Mitsuo Iwata.
  • Ivankov menamai pengikutnya "Newkama", alih-alih "Okama". Ini adalah sebuah plesetan ganda yang kira-kira bermakna "okama jenis baru"; dari new = baru dan kama = transgender.
  • Dalam sebuah SBS, Oda bercanda menyatakan bahwa Ivankov akan menyewakan rambutnya sebesar 5000 yen semalam untuk tiga orang. Ketika ia bergerak, orang-orang dirambutnya melihat lautan, mereka akan dikenai biaya tambahan untuk "pemandangan laut". Dia juga memiliki sebuah ruangan yang sangat nyaman di mahkotanya. Ada juga layanan "Hormon Pertumbuhan Wajah" untuk sampai tiga puluh orang.
  • Karakter Emporio Ivankov muncul dalam One Piece: Unlimited Cruise SP bersama dengan Boa Hancock.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar