Senin, 27 Juli 2015

Walkthrough Pokemon Light Platinum Bahasa Indonesia part 4



   Holla Sobat yang sedang membaca artikel ini, bagaimana game Pokemon Light Pokemon Light Platinum sobat nya saat ini? Masih ada masalah? coba komentar keluhan agan di bawah artikel ini nanti ya. Kalau mimin sih sudah dari kemarin berhasil meninggalkan Zhery Region pasca mengalahkan Elite Four Zhery dan Pokemon Champion Zhery and telah menginjakan kaki di Lauren Region. Artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel Walkthrough Pokemon Light Platinum Bahasa Indonesia part 3 atau pasca mengalahkan Gym Leader Groment City, Atlas dan berhasil keluar dari Mt.Zhery dan sekarang berada di Route 412. Okeh . . tanpa basa-basi inilah walkthrough lanjutan nya:


  • Serenity Arc, PLN'nya Zhery Region, tanpa pakai acara pemadaman listrik segala !!
   Sebelum agan mencapai kota Serenity, agan masih dalam perjalanan di Route 412, jelajahi Route tersebut hingga agan mendapatkan Hold item Magnet dan item Water Stone. Hold Item Magnet berguna untuk meningkatkan Power pokemon agan yang bertipe Electric, jadi pasangkan item ini pada pokemon agan yang bertipe Electric. Dalam perjalanan agan akan bertemu dengan KANTO dan LUNICK dan pastinya mereka ingin mencoba bertarung dengan agan, kalahkan mereka jika agan ingin mencapai kota Serenity. Setelah agan berhasil sampai di Serenity, carilah sebuah hotel yang letaknya tepat di depan Poke Mart . . bicara dengan wanita di dalamnya dan dia memberimu hold item "Miracle Seed" yang gunanya meningkatkan power pokemon bertipe Grass, jadi pasangkan item ini pada pokemon agan yang bertipe Grass. Naiki tangga di dalam hotel tersebut dan bicara dengan seorang pria yang lagi duduk dan dia akan memberimu HM02 Fly yang fungsi diluar pertarungan nya adalah dapat terbang ke kota dimana agan sudah pernah singgah, misalnya Yellow Town, Central City, Groment City, Seanport City, dll. Masuki Gym Serenity City yang letaknya ada di pojok kanan bawah . . untuk mematikan listrik di dalamnya agan harus menekan tombol pada mesin yang membuat penghalang tersebut muncul ( agan lihat saja bentuknya mirip tv tapi layarnya hijau gelap ) namun akhirnya tidak ada gym leader disana, kemana kah dia?

   Untuk bisa menemukan Gym Leader Serenity City, masuki sebuah tempat yang dinamakan "Power Plant" yang letaknya ada diatas kota (sedikit ke kiri) tersebut dan jelajahi semua tempat tersebut hingga agan melihat seseorang dan seekor Electrive sedang berada di mesin tersebut ( semacam generator ), tak lama kemudian dia memperkenalkan kalau dia adalah Gym Leader Serenity City bernama Rayner dan dia tadi sedang memperbaiki generator mesin tersebut dan pulang ke Gym nya. Segera kembali ke Gym dan kalahkan Gym Leader tersebut yang tak lain adalah Rayner. Pokemon-pokemon milik Rayner adalah pokemon bertipe Electric. Jangan gunakan pokemon agan yang bertipe Water atau Flying atau agan akan kalah tetapi gunakan pokemon agan bertipe dan skill Ground untuk memudahkan agan mengalahkan nya. Setelah mengalahkan nya kini agan pergi ke Route 413 dan masukin Mt.Icestorm untuk melanjutkan petualangan agan.


  • Snowce City Arc, Petualangan di daerah bersalju . . siapkan tisu . . ehh mksdnya mantel !!
   Sebelum bisa sampai ke Snowce City agan harus melewati Route 413, kalahkan para penantang agan disana dan dibawah tangga sebelah kiri agan ada sebuah gua. Masuklah ke dalam gua tersebut yang dinamakan Mt.Icestorm, saat baru masuk ke dalam gua tersebut agan harus ingat, disebelah kiri akan ada orang berdiri disana, jadi lewati dulu . . kalahkan para penantang disana sampai agan memasuki lubang gua lain nya. Dalam perjalanan agan akan melihat 3 orang Team STEAM berbaris dan menghalangi perjalanan agan. Tenang, mereka tidak akan bertarung dengan agan, bergeraklah ke sebelah kanan dan agan melihat seorang wanita yang sedang berdiri menghadap gua tersebut. Bicara padanya dan dia pun masuk ke dalam gua itu, ikuti dia dan kalahkan anak buah Team STEAM disana dan naiki puncak di dalam gua tersebut hingga agan melihat 2 orang sedang bertarung . . aahh . . lewati saja mereka . . ga penting xD, dan bicara dengan yang berambut hijau dari 2 orang yang sejajar sedang menghadap ke utara, dan ternyata eh ternyata dia adalah salah satu petinggi Team STEAM. Kalahkan dia dan akan ada event Reshiram dan Zekrom sedang bertarung dan sudah bisa ditebak, Arceus muncul melerai pertarungan mereka dan Team STEAM lagi-lagi menghilang ( pakai jurus apa sih kok cepatnya mereka menghilang -_-)a ) dan wanita tadi adalah Chintya dan meninggalkan agan.

   Kembalilah ke jalan dimana ada 3 Team STEAM menghalangi jalan agan tadi dan agan akan bertemu KENTA yang sedang berdiri di depan gua tersebut, kalahkan dia dan masuk ke dalam gua itu lagi and . . ternyata itu adalah jalan keluar dari Mt.Icestorm atau tepatnya di Route 414. Di Route 414 temukan pokeball yang isinya item Nevermeltice yang fungsinya menambah power pokemon tipe Ice jika dipasang itemnya pada Pokemon agan bertipe Ice. Lanjutkan perjalanan agan dan tiba-tiba seseorang datang yang rupanya si DIAMOND yang sudah diam-diam menunggu agan disana, kalahan dia dan lanjutkan lagi perjalanan agan hingga agan sudah sampai di Snowce City. Jelajahi rumah di kota tersebut satu per satu dan salah seorang di dalam rumah akan memberikan agan pilihan diantara 3 Pokemon starter Sinnoh yaitu Turtwig, Chimchar, dan Piplup.

   Kemudian masuk ke dalam Pokemon Center untuk menyembuhkan luka dan energi pokemon agan, tapi rupanya SOLANA muncul dihadapan agan saat mau masuk ke Pokemon Center dan bicara pada agan bahwa Gym Leader Snowce City tidak ada di dalam gym tersebut dan keberadaan nya ada di Mt.Icestorm dan lalu SOLANA pergi. Tunggu dulu coba kita ingat siapa-siapa saja yang kita temui di dalam gua itu tadi selain Team STEAM dan KENTA . . trainer penantang? bukan, orang yang kerjanya bolak balik di dalam gua tersebut? bukan, ohh . . wanita yang kita temui tadi saat berhadapan dengan Team STEAM, si Chintya . . sepertinya dialah Gym Leadernya. So, agan masih diam saja disana? Segera kembali ke Mt.Icestorm dan cari Chintya untuk menculik nya pulang ke Snowce City ehh maksudnya mengajak dia pulang ke kota. Agan ingat yang tadi mimin suruh ingat tempat dimana seseorang akan berdiri disana? Kalau belum coba baca ulang pembukaan Snowce City Arc tadi, kalau sudah segeralah kesana, Chintya sedang berada disana dan bicara padanya dan dia berkata akan kembali ke kotanya dan meninggalkan agan dari sana, ikuti dia sampai saat agan mau 8 langkah menuju lubang gua yang merupakan tempat keluar dari Mt.Icestorm . . rupanya Chintya masih berdiri disitu dan bicara padanya . . barulah dia benar-benar pulang ke kotanya. ( ini cewek maunya apa sih? -_-? )

   Kembali ke Snowce City dan kini agan sudah bisa masuk ke dalam Gym Snowce City namun tiba-tiba muncul RED dan kalahkan dia sebelum agan masuk ke dalam Gym tersebut. Gunakan kecerdasan agan bagaimana cara bisa melewati jalan es dengan mengandalkan batu dan lantai putih agar bisa bertemu dengan Chintya. Hadapi Chintya saat sudah berada di depan nya, pokemon-pokemon milik Chintya 3 adalah pokemon bertipe Ice dan 2'nya betipe Water tapi memiliki skill tipe Ice. Ice sangat lemah terhadap tipe Fire, Fight, Rock, dan Stell namun jangan menggunakan pokemon agan yang bertipe Dragon, Flying, Grass, dan Ground. Setelah mengalahkan nya pergi ke Route 415 dan bergerak ke arah timur. Ada sebuah rumah dan SOLANA sedang berdiri disana, bicara padanya dan kalahkan dia, setelah itu masuk ke dalam rumah dan bicara dengan wanita yang sedang berdiri karena dia akan memberikan agan HM08 Dive yang fungsi diluar pertarungan adalah dapat menyelam di dalam lautan ( jika anda surf di lautan dan anda melihat ada lingkaran berwarna biru gelap, disitulah agan bisa gunakan Dive ).

  • Team STEAM Arc, karena Team Rocket sudah terlalu Mainstream !!
 Keluar dari rumah tersebut dan lanjutkan petualangan agan untuk mendapatkan Badge terakhir. Dalam perjalanan agan akan bertemu Kaori dan Kaori mengatakan bahwa markas Team STEAM ada di selatan di tempat agan berada atau di utara kota Drakebreath City. Segeralah kesana dan agan menemukan sebuah pulau, saat agan menaiki tangga kecil, ada event dimana para Team STEAM beserta petinggi masuk ke dalam sebuah gedung yang merupakan markas Team STEAM, agan tidak bisa masuk kesana kecuali agan memakai item "Steam Uniform". Gunakan Steam Uniform dan masuklah ke dalam markas. Masuki pintu disebelah kanan dan hajar para anggota Team STEAM, disaat agan sudah masuk kesebuah tempat ada 2 petinggi Team STEAM menghalangi jalan agan, kalahkan mereka dan dekati laboratorium disitu ada 2 orang sedang berbicara bahwa mereka berhasil membuat sesuatu dan meninggalkan agan. Dekati sebuah Nisan ( berwarna coklat ) disana, letaknya ada di sebelah kiri setelah event 2 orang yang berbicara tadi. Bawa nisan tersebut ke Prof.Jasmine dengan cara Fly ke kampung halaman agan yaitu Yellow Town kemudian masuk ke dalam laboratorium Prof Jasmine dan bicara padanya dan dia akan menceritakan sejarah Arceus. Setelah itu kembali ke Team STEAM Secret Base dan temukan item Master Ball disana dan lanjutkan surf ke arah selatan maka agan akan menemukan Drakebreath City.

  • Drakebreath City Arc, Pulau kota markas naga, mungkin ada Dragon Ball juga, #LoL !!
   Di kota Drakebreath City agan kunjungi rumah-rumah disana satu per satu dan diantara orang rumah akan memberikan agan pokemon gratis yaitu "Axew". Saat anda mau ke Drakebreath Gym, seseorang di depan pintu dan mengatakan bahwa dia sedang mengejar Team STEAM, masuki sebuah gua yang letaknya ada di dekat gym tersebut. 

   Saat dalam perjalan di Mt.Draken, agan akan bertemu Percy, salah seorang petinggi Team STEAM dan kalahkan dia segera dan masuk ke lubang gua selanjutnya. Kemudian agan akan bertemu Kaori, ASH dan Wesley yang merupakan Gym leader Drakebreath City yang sedang menonton bola ehh maksudnya sedang melihat pertarungan antara Dialga, Palkia, Giratina dan Arceus. Di dekat agan juga ada Percy dan 2 anggota Team STEAM yang sedang berusaha menangkap Arceus tapi gagal. Kemudian mereka pada bubar cuma sisa Arceus, Giratina, Zero dan agan, agan akan ditarik ke Distortion World tempat dunia nya Giratina. Temui Zero dan kalahkan dia, dan agan akan menghadapi Giratina. Pesan mimin jangan dibunuh melainkan ditangkap Giratina nya untuk membantu agan dalam memperkuat party pokemon agan dan agan pun kembali tempat dimana agan ditarik ke dunia Giratina, jadi siapkan minimal 30 Ultra Ball dan Save dulu sebelum agan bertarung dengan Giratina biar bisa Load game jika agan gagal.

   Setelah menyelesaikan misi di Mt.Draken . .  temui Wesley di Drakebreath Gym dan kalahkan dia, pokemon-pokemon milik Wesley adalah pokemon bertipe dragon semua. Untuk bisa mengalahkan Wesley dengan mudah gunakan pokemon agan yang bertipe selain Dragon namun memiliki skill tipe Dragon atau Ice. Setelah mengalahkan Wesley dan berhasil mendapatkan badge terakhir pergilah ke Pokemart Drakebreath City. . disudut kiri atas sudah ada RED menunggu agan disana dan dia memberimu HM07 Waterfall yang fungsi diluar pertarungan nya adalah dapat menaiki air terjun. Kemudian pergilah rumah SOLANA ( rumah di mana terakhir kali agan bertarung dengan SOLANA ) dan kalahkan Linuck setelah itu berselancarlah ke arah utara Team STEAM Secret Base, naiki air terjun disana dengan menggunakan skill Hm Waterfall dan masuki sebuah gua yang dinamakan Victory Road.


  • Zhery League Arc, Perjalanan Terakhir di Zhery Region, siapkan peluru amunisi . . ehh maksudnya pokemon agan !!
   Akhirnya telah mendapatkan 8 Badge juga, eiits sebelum agan melanjutkan membaca artikel ini ada baiknya saran dari mimin sebelum agan memasuki Zhery League. Pertama pastikan agan memiliki 5 pokemon dengan masing-masing minimal level 55 dan 1 pokemon level 60 ( pastikan bawa Giratina milik agan hasil tangkapan. Kedua, siapkan puluhan Max Potion, beberapa Elixir atau Ether, Full Heal dan Revive atau Max Revive. untuk Potion dan Full Heal bisa digantikan dengan Full Restore yang hanya dijual di dalam gedung Zhery League. Ketiga pastikan ada punya banyak skill attack dengan berbagai tipe dalam masing-masing pokemon agan agar efektif menghadapi para Elite Four dan sang Champion, minimal dalam 1 pokemon agan memiliki 1 skill non-attack+effect yang berguna, sisanya skill attack atau attack+effect, jika ada skill tidak berguna dalam pokemon agan, ganti dengan skill pada TM-TM yang agan dapatkan.

   Okay mari kita mulai dengan Victory Road, kalahkan para penantang hingga agan keluar dari gua tersebut kemudian berselancarlah dan temukan lingkaran biru hitam yang merupakan area Diving, gunakan skill Dive yang bisa agan ajarkan pada salah satu pokemon agan, cari Dive Spot yang merupakan tempat agan keluar dan menemukan pantai dimana Zhery Champion berada. Masuki gedung besar tersebut dan istirahatkan pokemon agan sebentar dan belanja item persiapan disana, saat agan sudah memulai ada 2 orang berdiri disana yang tak lain adalah DIAMOND dan ASH, kalahkan DIAMOND dan pertarungan sengit melawan para Elite Four pun dimulai.

   Elite Four pertama adalah Aisey, pokemon-pokemon milik Aisey adalah pokemon bertipe Ground dan 1 pokemon nya bertipe Grass, jadi kalahkan dia dengan menggunakan skill tipe Air, Grass, dan Ice dan khusus pokemon Grass nya kalahkan dengan skill tipe Fire, Poison, Flying atau Ice. Setelah mengalahkan nya kini agan dapat melanjutkan melawan Elite Four Selanjutnya.

   Elite Four kedua adalah Triton, dia memiliki 5 pokemon bertipe Water dan 1 bertipe Flying jadi kalahkan pokemon nya dengan ( lebih baik dan mudah ) skill pokemon agan yang bertipe Electric, Grass juga boleh namun ada 2 pokemon nya yang gak double damage sama attack tipe Grass. Setelah mengalahkan nya kini lanjutkan lagi ke Elite Four Selanjutnya.

   Elite Four ketiga adalah Lucy, pokemon milik Lucy adalah pokemon bertipe 3 Normal, 1 Bug, dan 1 Fying namun semuanya memiliki skill tipe Dark, jadi berhati-hatilah jika agan bertarung dengan nya dengan tipe Ghost atau Dark. Tipe Normal bisa dikalahkan dengan tipe Fight, tipe Bug bisa dikalahkan dengan tipe Fly sedangkan tipe Fly bisa dikalahkan dengan tipe Electric. Setelah mengalahkan Lucy kini lanjutkan melawan Elite Four terakhir.

   Elite Four terakhir adalah Elizabeth, pokemon milik Elizabeth adalah pokemon bertipe Steel dan 1 pokemon ada yang beripe Water. Jadi untuk mudah mengalahkan pokemon milik Elizabeth, gunakan skill bertipe Fire, Groung, atau Fight untuk mengalahkan pokemon nya yang bertipe Steel, agan sudah tahu kan kelemahan pokemon tipe Water? Jadi gak perlu mimin jelaskan lagi.

   Setelah agan berhasil mengalahkan ke empat Elite Four kini saatnya agan bertemu dengan sang juara sebelumnya yang ternyata adalah Kaori. Pesan mimin berhati-hatilah dengan taktiknya karena ia akan sesering menggunakan maks.3x Full Restore masing-masing pokemon nya, jadi itu akan membuatmu pusing tujuh keliling . . belum lagi pokemon nya bervariasi tipe nya jadi sangat susah mengalahkan nya, kecuali agan pake Cheat.


   Setelah mengalahkan Kaori, Prof.Jasmine dan ibumu datang memberikan ucapan selamat atas keberhasilan agan menjadi jawara Zhery League and Kaori membawamu ke dalam ruangan dan selamat 6 pokemon agan masuk Hall Of Fame Zhery League . . agan pun kembali ke rumah agan lagi.

   Lalu apakah sudah tamat? Tentu saja belum karena ceritanya baru selesai setengah saja gan, jadi petualangan agan menjadi Trainer Pokemon terbaik masih panjang. So, untuk Walkthrough di Zhery Region sudah selesai dan agan akan melanjutkan perjalanan agan ke "Lauren Region". Nantikan artikel berikutnya dari mimin yang akan terus menemani agan dalam petualangan di Lauren Region.

5 komentar:

  1. gan lanjutin and kelarin semua dong haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
      sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
      kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
      Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
      1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
      melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
      dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
      saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
      kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
      penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
      dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
      minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
      buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
      Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
      sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
      agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
      saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
      jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

      Hapus
  2. Min lanjutan part 5 nya mana?

    BalasHapus
  3. min yang part 5 mana min kok nggak ada

    BalasHapus
  4. BONUS SETIAP HARI DARI DONACO POKER 2021

    Donacopoker adalah agen poker online Indonesia resmi yang melayani para pemain dari seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri dan bermain game kartu online yang unik. Untuk memberikan kenyamanan bagi pemain setia, Donacopoker hadir dan berikan bonus-bonus terbaik setiap harinya untuk semua game yang tersedia di Poker Online.

    Keuntungan Jika bermain di website
    - Proses Deposit dan withdraw maksimal 3 menit
    - 100% No admin dan No robot
    - Player vs Player
    - Fair Play

    Jalur Cepat:
    WHATSAPP : +6281333555662
    LINE : Donaco.poker
    CHAT SEKARANG

    Salam Kemenangan Untuk Anda.
    Terima Kasih.

    #DONACOPOKER #POKERIDN #POKERONLINE #BANDARCEME #CEME #DOMINO #SUPERTEN #CAPSA #OMAHA #BONUSPOKER #POKERTERPECAYA #DEPOSITPULSA

    BalasHapus