Kamis, 28 Mei 2015

7 Jurus Membedakan Beras Asli dengan Beras Sintesis alias Beras Plastik


   Yo . .yo . .yoo . .halo semuanya!! Bagaimana kabar anda? :v Apa ada masalah? Oh iya, ada yang nanya ke saya bagaimana cara simple membedakan Beras Asli ( asli di tanam, diberi pupuk dan dipanen oleh petani,, bukan petani gadungan, hehe ) dengan Beras Sintesis ( bukan beras tahu, tapi saudaranya beras yang berasal dari campuran kentang dan ubi yang kemudian diberikan "Resin Sintesis" sebagai unsur pengikat sehingga mirip beras aslinya )?


   Waduh, pasti beberapa kalian ada yang masih takut mengkonsumsi nasi sejak beredar berita "Beras Plastik"? Payah!! :v Padahal jika kalian merasa cerdas pasti kalian Mau mencari tahu perbedaan kedua beras ini sehingga kalian bisa tahu mana yang asli dan mana yang palsu ( Seperti kalian bisa membedakan mana Cowok Tulen dan mana Cowok Feminim alias Banci :v )

   Hmm . . daripada kalian penasaran, mending saya berikan 9 jurus membedakan Beras Asli dengan Beras Plastik versi diriku sendiri, ingat . . ini versi ku lhoo berdasarkan informasi yang saya dapat dilapangan, jadi percaya atau tidak percaya itu tergantung pada diri kalian sendiri tapi patut dicoba terutama para kaum ibu yang sering berbelanja beras dipasar dan para pedagang beras :

1. Jurus Rendam Beras
   Bagi yang sering mencuci beras sebelum dimasak pasti tahu dong soal ini. Yap . . ini adalah jurus yang paling mudah dilakukan dan paling mudah ketahuan mana yang asli atau palsu. Rendam saja tuh beras yang baru anda beli dan lihat hasilnya. Jika berasnya mengambang alias mengapung, maka dipastikan itu adalah beras palsu, jika tenggelam dipastikan itu beras asli 100%. Ya iyalah, sejak kapan ada teori barang plastik kalo direndam bisa tenggelam? :v

2. Jurus Menumbuk Beras
   Jurus ini pun terbilang mudah dan boleh dicoba dirumah jika anda memiliki alat penumbuknya (alat penumbuknya terbuat dari batu, bukan kayu yaa). Jika anda menumbuk beras tersebut dan berasnya hancur menjadi seperti tepung dipastikan itu beras asli, kalau beras ditumbuk sampai seribu kali pun berasnya tidak hancur melainkan penyok ( kayak udin penyok :v ) dan patah dua bagian dipastikan itu adalah beras plastik. Logika gan, yang namanya plastik kalau ditumbuk mustahil plastiknya bisa pecah hingga menjadi seperti tepung, kalau ada malah ada berita lagi-lagi soal plastik baru soal tepung plastik, nyahaha xD.

3. Jurus Api : Bakar Berasnya!!
   Saya lupa di Channel yang mana ada berita cara membedakan beras asli atau beras plastik dengan cara dibakar, yang saya ingat cuma "hasilnya". Jika berasnya dibakar dan berubah menjadi hitam atau abu, dipastikan itu beras asli, sedangkan kalau meleleh berasnya, 99.99% itu adalah beras plastik. Coba saja agan bakar kantong plastik, pasti meleleh kan? ( didapat dari ilmu Sains di sekolah :v )

4. Jurus Mengigit 
   Jurus ini sama dengan jurus kedua yaitu "Menumbuk Beras", hanya bedanya adalah "tempat"-nya. Ini bisa dilakukan bagi anda yang sedang berbelanja di warung atau pasar. Cobalah anda mengigit 1 butir beras saja, ingat . .cuma satu, jangan banyak ntar dikira rakus :v. Jika hasilnya Penyok, 80% itu adalah Beras Plastik.

5. Jurus Mata Elang
   Jurus ini boleh dicoba bagi yang tidak buta warna :v muehehe. Anda bisa melihat 1 butir berasnya dan jika hasilnya beras tersebut warnanya putih keruh dan tidak bersih ( maksud dari tidak bersih adalah ada bekas seperti tepung beras di sekitar berasnya ) dan terdapat putih lonjong kecil dibagian tengah berasnya, dipastikan itu adalah beras Asli, kalau hasilnya beras tersebut putih bersih dan tidak keruh alias tidak ada cacat sama sekali, maka itu adalah beras Plastik.

6. Jurus Memasak
   Hayo siapa yang sudah pernah memasak bubur? kalau saya sih seumur hidup baru sekitar 3 kali :v itupun saat orang tua saya lagi tidak ada dirumah dan saya sedang sakit, uhuk uhuk (>o<). Bagi yang pernah butuh berapa lama tuh berasnya akhirnya berhasil disulap menjadi bubur? kalau bagi saya sih 30 menit cukup. Nah jika beras plastik dimasak untuk dibuat bubur, waktu yang dibutuhkan Lebih Lama dari yang biasa waktu yang dibutuhkan saat kita masak bubur sebelumnya, nah bisa jadi itu adalah ciri khas dari Beras Plastik.

7. Jurus Menghirup Aroma Nasi
   Jurus ini tidak diperuntukan buat kalian yang lagi pilek, ya iyalah . . bagaimana mau mencium aroma dengan jelas kalau anda lagi pilek :v. Aroma dari beras asli adalah aroma nasi pada umumnya, tidak wangi dan sedikit aroma gabah dan tidak apek. Aroma dari beras palsu adalah wangi ( pembuat beras plastik sengaja memberikan sedikit cairan pewangi untuk mengelabui aromanya ) dan tidak ada aroma gabahnya, bisa jadi itu adalah beras plastik. lagi-lagi beras plastik =w=)/ cape deh.

   Okay, saya sih berharap bagi yang masih takut makan nasi jangan sampai anda enggan makan nasi setelah baca artikel tips dan trik dari saya ini. Why? Karena tidak ada yang bisa menggantikan nasi dalam keseharian kita kecuali Ubi dan Jagung, itupun kalau kalian tidak bosan mengkonsumsinya, karena wajar itulah ciri khas kita ( orang indonesia ) yaitu berprinsip "Belum makan atau belum kenyang kalau belum makan nasi".

   Oke, bagi yang suka dengan artikel ini diharapkan Share kepada teman-teman anda baik di Facebook, Twitter, instagaram ehh instagram maksudnya dan media sosial lain nya sebagai bukti kalau anda menyukai postingan dan membantu sesama. Jangan lupa Follow Akun Google saya juga karena 1 Followers berguna buat karir saya sebagai Blogger :) Atas perhatian nya saya ucapkan terima kasih banyak dan thanks juga bagi yang menanyakan hal ini ke saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar