Minggu, 11 Oktober 2015

6 Trik Keren Jepretan Foto Sekelas Fotografer Dengan Smartphone



Hallo Sobat, apa kabarnya? baik-baik saja kan? Hari ini mimin akan memposting artikel yang spesial buat para Fotografer yang masih amatiran. Biasanya nih kita terkagum-kagum dengan orang yang bisa mendapatkan hasil foto yang bagus, baik dari segi background nya, angle nya, maupun teknik memfoto nya. Banyak orang berpikir bahwa foto yang "keren" hanya bisa didapat dengan kamera yang harganya mahal dan berkualitas, misalnya DSLR (Digital Single Lens Reflex). Namun, persepsi tersebut tidak seluruhnya benar.

   Teknologi yang digunakan oleh Hp Android alias Smartphone kini semakin canggih. Tidak hanya dalam hal resolusi kamera, lensa kamera dan berbagai fitur yang dihadirkan juga canggih. Jika ada momen-momen yang bisa ditangkap, lebih efisien menggunakan smartphone daripada menggunakan kamera berat DSLR.

   Namun, masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara memaksimalkan kamera dan fitur yang tersedia di dalamnya. Ada cara-cara tertentu yang tidak banyak orang tahu bagaimana mendapatkan foto mirip dengan hasil jepretan Fotografer kelas top, namun ternyata hanya dengan menggunakan smartphone. Agan ingin tahu caranya? Ya sudah, Berikut ada 7 trik kreatif dan praktis fotografi dengan menggunakan Smartphone:


1. Gunakan mode panorama untuk foto berurutan

   Apakah agan pernah mencoba mode panorama yang ada di Smartphone agan? Minta bantuan teman agan untuk menjadi seorang model foto, sedangkan agan hanya fokus untuk mengambil gambar ini.

   Agan hanya perlu mengatur mode panorama nya, dan kemudian agan jalankan Smartphone agan dengan pelan-pelan membentuk setengah lingkaran.

   Posisi teman agan harus berpindah-pindah mengikuti gerakan smartphone agan. Tetapi, untuk dapat berpindah posisi, usahakan tak terlihat kamera smartphone. Teman agan bisa berpindah dari satu posisi ke posisi yang lain dengan cara teman agan berlari melewati punggung Anda. And hasilnya, akan terlihat seperti gambar ini.


2. Gunakan mode panorama saat agan di mobil

   Agan bisa menggunakan mode panorama juga saat agan berada di dalam mobil dan berada di jalan. Agan hanya perlu membuka kaca mobil sebentar, kemudian mengambil gambar di sekeliling agan dengan mode panorama pada smartphone. Hasilnya, akan terlihat seperti gambar ini.

Note : Tapi, saran mimin agan jangan mengambil gambar pada saat agan sedang mengemudi ya! Terutama agan yang mengemudikan mobil agan.


3. Gunakan teropong pembesar pada kamera Smartphone

   Saat ini terdapat banyak sekali kamera dengan lensa pembesar untuk mengambil gambar yang letaknya jauh dari jarak agan. Jika agan tidak memilikinya, namun memiliki teropong kecil, alat tersebut bisa digunakan untuk menghasilkan foto yang nge-trend zaman sekarang ini.

   Gunakan teropong tersebut tepat di depan kamera smartphone agan. Jika agan melakukan nya dengan baik, maka gambar yang dihasilkan bisa terlihat bulat, seperti gambar di diatas ini.


4. Tetesan air untuk ciptakan lensa makro

   Foto yang dihasilkan dari penggunaan lensa makro memang bagus, namun mengingat harus menggunakan kamera DSLR, agan bisa menyiasatinya dengan cara ini. Pertama, siapkan sedotan panjang dan segelas air ( tidak perlu air nya sampai segelas penuh, cukup 1/4 saja ), kemudian ambil sedikit air dengan sedotan tersebut. Kedua, letakkan 1 tetes air tepat pada kamera smartphone agan. Ketiga, kemudian agan bisa mengambil gambar serangga atau gambar apapun dengan smartphone agan.

Note : Pesan mimin dalam melakukan teknik ke empat ini, pastikan air yang digunakan adalah air yang jernih dan air ini tidak akan merusak lensa smartphone, jadi teteskan dengan hati-hati untuk yang belum berpengalaman ya.


5. Reflektor

   Untuk mendapatkan gambar Monochrome ( foto black and white ), agan bisa mencari cahaya yang pas dengan menggunakan aluminium foil. Akan tetapi, di Indonesia, aluminium foil susah dicari, maka dari itu agan bisa menggunakan kain penutup mobil yang biasa agan temukan. Letakkan kain tersebut di depan agan, kemudian cari sinar cahaya yang cocok dengan daerah tempat pengambilan foto, dan ambil fotonya.

   Fitur di smartphone memang ada yang menampilkan foto monochrome atau gambar black and white seperti itu. Namun, hasilnya lebih bagus menggunakan kain aluminium foil ini


6. Foto di bawah air

   Tahukah agan? Zaman sekarang lagi nge-trend nih foto-foto yang di ambil dari bawah air. Namun, sangat berisiko alias berbahaya jika smartphone agan digunakan untuk mengambil foto di bawah air. Namun, ada trik tersendiri agar foto yang agan dapatkan terlihat seperti foto Underwater.

   Caranya pertama, agan hanya perlu meletakkan smatphone agan ke dalam gelas kosong yang bersih tanpa lecet. Kemudian, letakkan setengah bagian gelas tersebut pada permukaan air dan jepret fotonya. Foto yang agan dapatkan terkesan menggunakan kamera Underwater, seperti gambar ini.





   Okey, sekian informasi mimin lewat artikel ini, jangan lupa comment artikel ini and follow akun Google mimin yang letak nya ada di sebelah kanan website ini. Terima kasih atas partisipasinya dalam membaca artikel mimin dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus