Selasa, 09 Juni 2015

Tips dan Trik Terjun ke Dunia Perkuliahan bagi Calon Mahasiswa

   Yohohoho . . . Apa kabar semuanya? Terutama bagi para lulusan SMA tahun ini. Mau melanjutkan ke tingkat Perguruan Tinggi? Pastinya kuliah merupakan salah satu impian agan agar bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan mendapat gelar Sarjana. Namun perlu agan catat bahwa masa kuliah itu auranya sudah sangat berbeda dengan masa putih abu-abu agan, kalau agan sering mendengar kuliah itu enak dan santai itu adalah sebuah kalimat Bullshit yang akan anda dengar sebelum memasuki dunia perkuliahan. Memang benar agan akan merasakan enak dan santai di awal-awal agan di kampus, tapi saat sudah memasuki pertengahan hingga akhir masa perkuliahan, jarang sekalu bahkan tidak ada kata enak atau santai lagi walaupun ada libur semester sampai 2 bulan, kecuali bagi agan-agan yang selalu pintar di masa SMA mungkin bisa meraih gelar sarjana dan lulus dengan lancar. Nah buat agan yang sedang dalam persiapan menghadapi dunia kampus mimin akan memberikan Tips dan trik sebelum memulai cerita agan di kampus:



  • Pikirkan dengan matang jurusan yang akan agan pilih

   Segera cari tau informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan yang agan pilih. Pahami karakter dan pola disipin ilmu dari jurusan yang agan pilih. Pilihlah jurusan yang memang pas untuk agan. sesuaikan dengan karakter dan gaya belajar khas mu. Jangan memilih jurusan berdasarkan kata sahabat agan atau berdasarkan tingkat reputasi banyaknya peminat pada jurusan tersebut. Banyak kasus yang menunjukkan calon mahasiswa diterima pada jurusan yang diinginkan ( khususnya mereka yang melalui seleksi masuk PTN alias kampus negeri ) namun kemudian harus pindah jurusan atau pindah kampus karena pada akhirnya merasa tidak cocok dengan jurusan yang dipilih dan risikonya jika jurusan yang agan rasa tidak cocok sudah memasuki semester 3 dan anda pindah ke jurusan lain, maka anda bukan mahasiswa/i semester 3 lagi melainkan balik ke semester 1 alias direset perjuangan agan sebelum nya.

  • Persiapkan Semangat Api dan Mental Baja
   Sudah mimin bilang tadi bahwa dunia kampus sangat berbeda dengan masa SMA agan. baik dari cara belajar, bergaul maupun cara berpikir dan cara pandang. Kalau di SMA gaya belajar seperti anak kecil yang diasupi makanan oleh ibunya, sedangkan masa kuliah bagaikan seorang remaja yang beranjak dewasa secara mandiri mencari makan/nafkah buat dirinya. Dengan kata lain agan disana kalau mencari jawaban soal atau membuat suatu materi presentasi, jangan samakan dengan waktu zaman SMA karena jawaban soal harus anda cari sendiri dan membuat jawaban nya dengan cukup panjang, mudah dimengerti dan ada pertanggung jawaban dari jawaban agan. Karena itu sebagai latihan sebelum agan melangkah ke misi "Tugas Skripsi".
  • Sedikit Waspada dengan Mahasiswa/i Senior
    Hati-hati saja dengan kakak kelas alias kakak senior yang suka tebar pesona, #LoL . . maksudnya bukan berarti mereka membahayakan. ( bagi para calon mahasiswi ) Jangan mudah tertipu dengan gaya gentle dan baik hatinya. Biasa ada maunya gan . . wkwk. Pinter-pinterlah bersikap, kalau bisa manfaatkan kebaikannya sebagai guide atau pemandu bagi agan di dunia yang baru seperti hunting buku-buku dan referensi mata kuliah, memahami karakter dosen, bahkan kalau si senior mau traktir agan, kenapa tidak? haha...
  • Pahami Gaya dan Strategi Belajar anda
   Berusaha cari gaya dan strategi yang pas dengan karakter agan. Sang Dosen tidak akan memaksa agan harus bagaimana agar bisa menguasai materi kuliah. Semua bergantung pada diri agan, termasuk dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah tergantung kesadaran agan mengerjakan dengan baik atau hanya biasa-biasa saja. Alasan nya jelas, agan bukan anak kecil lagi yang perlu diajarkan atau dibantu  oleh guru melainkan agan sudah dewasa dan harus mencari apa yang ingin anda cari sesuai dengan kreativitas agan, betul? 
  • Ngekost ( khusus mahasiswa/i yang ngekost )
   Buat agan yang akan pilih kost saat agan memulai kuliah, pilihlah kost yang tidak terlalu jauh dari kampus agan. Biasanya para mahasiswa suka bangun terlambat karena terlalu sering melayani ajakan teman untuk bergadang and berhati-hatilah dengan pengaturan pengeluaran keuangan, jangan sampai pertengahan bulan sudah kehabisan kas uang agan. Karena bisa dipastikan agan kesusahan ditanggal tua atau jika belum ada pemasukan juga bisa-bisa agan diusir ibu kos karena tidak bayar bulan berikutnya.
  • Rajin-rajin ikut kegiatan ekstra di dalam kampus
   Bagi agan yang sudah jadi mahasiswa/i tapi belum dapat pekerjaan, agan bisa ikut kegiatan kampus diluar kegiatan perkuliahan. Selain mendapatkan pengalaman, agan juga akan mendapatkan teman baru selain teman sekelas agan.
  • Atur Waktu Belajar/ Mengerjakan Soal Materi anda dengan waktu Kerja dan waktu Santai
   Terkadang mahasiswa/i semester awal berpikir bahwa kuliah itu lebih enak dan santai daripada sekolah. Stop berpikir seperti itu diawal karena akan menganggu agan disaat memasuki semester pertengahan hingga akhir. Semakin agan naik semester, semakin besar waktu agan untuk belajar dan mengerjakan soal materi yang diberikan dosen kepada agan, terutama skripsi yang jika agan santai, agan tidak akan bisa lulus menjadi sarjana dan harus mengulanginya lagi. Ingat, Skripsi itu tingkatnya lebih sulit daripada Ujian Nasional SMA lhoo.

  • Berusaha mencapai Minimal nilai B di setiap Mata Perkuliahan anda
   Hal ini bertujuan agar agan tidak kesusahan dalam melangkah ke semester berikutnya. Biasanya nilai C membuat mahasiswa/i kesulitan mengambil mata kuliah semester selanjutnya dikarenakan IPK pas-pasan dan membuat agan terhambat mendapat gelar sarjana. Jadi berhati-hatilah bagi yang terbiasa mendapat nilai pas-pasan.

   Okay, itulah Tips dan Trik Terjun ke Dunia Perkuliahan bagi Calon Mahasiswa, walaupun masih ada tapi mimin cuma share tips dan trik yang dianggap penting bagi para Calon Mahasiswa, selanjutnya agan cari sendiri yaa. Kan yang namanya mahasiswa itu rata-rata sudah dewasa dan bisa menemukan sendiri cara-caranya versi agan. Okay tanpa basa basi, mimin mengucapkan terima kasih banyak bagi yang sudah membaca artikel mimin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar